Tupoksi

Biro Administrasi Akademik

 

Sesuai dengan jabaran tugas dalam struktur organisasi Universitas Muhammadiyah Surabaya, BAA mempunyai tugas sebagai berikut:

1. Biro Administrasi Akademik dipimpin oleh kepala yang diangkat oleh dan bertanggung jawab kepada Rektor, selanjutnya disingkat dengan BAA.

2. BAA mempunyai tugas dan fungsi

  • Menyusun program kerja BAA
  • Mengelola layanan dan pengelolaan data transaksi akademik.
  • Mempersiapkan penyusunan kalender akademik.
  • Melaksanakan administrasi kelulusan mahasiswa.
  • Melaksanakan pelayanan di bidang administrasi akademik.
  • Melaksanakan pelaporan kegiatan akademik secara berkala ke Kemenristek Dikti/Kopertis/Kopertais.
  • Melaksanakan update data kelembagaan (izin perguruan tinggi).

3. BAA terdiri atas:

a. Bidang administrasi dan evaluasi akademik yang mempunyai tugas:

  • Melaksanakan layanan administrasi pindah kuliah, cuti kuliah, aktif kembali, pengunduran diri mahasiswa, pindah studi, dan surat-surat keterangan lain.
  • Melaksanakan layanan administrasi KRS dan KPRS.
  • Melaksanakan layanan administrasi persiapan ujian tengah semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester, (mencetak daftar hadir ujian, berita acara, dan kartu ujian).
  • Melakukan evaluasi herregistrasi KRS/KPRS tiap semester.

b. Bidang dokumentasi data base. mempunyai tugas pokok:

  • Menyiapkan data base
  • Mengelola dan menerbitkan KTM, ijazah, transkrip nilai.
  • Menyimpan dokumen mahasiswa (salinan ijazah SMA, NEM, akta kelahiran, dan lain) dan data lulusan (transkrip, ijazah data alumni), dan dokumen lainnya.
  • Menyiapkan buku induk, soft copy back up data KHS, dan data KRS..

c. Bidang pengolahan data akademik.mempunyai tugas:

  • Mengoordinasi, memonitoring, dan menyusun laporan sernester, serta melakukan validasi pada Cybercampus
  • Mengoordinasi, memonitor, dan memproses perpanjangan izin operasional dan akreditasi.
  • Memonitor evaluasi status akademik mahasiswa dan program evaluasi masa studi.
  • Support data yang dibutuhkan pada Pangakalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Kemenristek Dikti.

d. Bidang Pengolahan Data PDDIKTI

  • Update data mahasiswa pada PDDIKTI sesuai dengan status.
  • Input data mahasiswa baru pada PDDIKTI pada setiap semester.
  • Input transaksi mahasiswa pada PDDIKTI pada setiap semester.
  • Input data mahasiswa peserta yudisium beserta nomor Ijazahnya pada PDDIKTI pada setiap semester.